Air Power Jadi Penentu Kemenangan dalam Perang Modern

oleh -300 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta-Panglima TNI Marsekal TNI DR. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P menegaskan, penguasaan air power menjadi faktor penentu kemenangan dalam perang modern.

Berbicara sebagai keynote speaker secara virtual pada seminar internasional Air Power di Seskoau Lembang Bandung, Rabu (31/3/2021), Panglima TNI mencontohkan dalam perang pasifik antara Sekutu dan Jepang serta perang Armenia – Azerbaijan, membuktikan penguasaan air power sangat efektif memenangkan perang.

Sementara untuk menjawab tantangan interoperabilitas lintas matra, TNI dapat mengadopsi konsep Network Centric Warfare (NCW).

Penguasaan NCW sebagai strategi Indonesia menghadapi ancaman yang berasal dari kawasan regional Indo-Pasific, khususnya yang mempengaruhi aspek Mandala Pertahanan melalui Spill-Over.

Berbagai tantangan tersebut menjadi alasan pentingnya TNI AU membangun dan menguasai transformasi Air Power. Air Power juga merupakan akses tercepat dalam Kegiatan OMP maupun OMSP.

Agar dapat membangun dan menguasai Air Power, TNI AU perlu melakukan investasi Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, dengan menyiapkan para perwiranya menjadi personel terlatih dan mampu menguasai Air Power.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *