Lina Ozora dan Jazuli, Dua Pengemudi Wanita PO Agra Mas Peringati Hari Kartini 2021

oleh -800 Dilihat
oleh
banner 468x60

Wonogiri- Emansipasi wanita memang telah berkembang pesat, pekerjaan yang dahulu hanya bisa dikerjakan oleh pria kini bisa di tangan wanita. Menjadi pengemudi bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) bisa juga dilakukan oleh dua wanita hebat ini, mereka adalah Lina Ozora (36) dan Jazuli (41). Keduanya adalah pengemudi PO Agra Mas.

Pada momen peringatan hari Katini Tahun 2021 ini keduanya berpenampilan khusus, jika pada hari biasa mengenakan seragam, kali ini mereka berdandan kebaya lengkap dengan sanggul serta membagikan bunga kepada para penumpang yang berada di pool PO Agra Mas di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Wonokarto, Kecamatan Wonogiri. Aksi keduanya menyita perhatian para penumpang.

Lina Ozora warga Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri memang baru bergabung sebagai pengemudi PO Agra Mas selama 4 bulan, mantan pekerja kantoran tersebut mengaku telah mendapatkan izin dari pihak keluarga.

“Ini adalah pekerjaan dengan resiko tinggi jadi restu keluarga menjadi sebuah keharusan,” katanya.

Lina yang juga pernah menjadi pengemudi di salah satu perusahaan otobus tersebut mengaku telah terbiasa menempuh rute perjalanan jarak jauh.

“Semua yang ada di perjalanan harus dinikmati,” ungkapnya.

Perayaan Hari Kartini menurut Lina adalah harinya kaum wanita, sebagai pejuang rupiah dia harus selalu bersemangat dan tidak boleh menyerah oleh keadaan.

Sementara Jazuli warga Kabupaten Karanganyar sebelumnya adalah seorang pengemudi truk tanki.

Kehadiran pengemudi wanita tentu merupakan daya tarik tersendiri, hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Operasional PO Agra Mas wilayah Wonogiri, Susanto.

Menurutnya kehadiran seorang pengemudi wanita adalah wujud menjunjung tinggi emansipasi di era saat ini.

“Kami mempunyai dua orang pengemudi wanita yakni Lina dan Jazuli keduanya mempunyai skill yang sama dengan pengemudi pria, kedepan kami akan melakukan rekruitmen pengemudi wanita lagi,” katanya.

Dijelaskannya, pelamar mulai dari kondektur sampai pengemudi harus punya pengalaman.

“Setelah di PO Agra Mas ada pendidikan lebih lama sehingga skill semakin terasah,” lanjutnya.

Susanto menambahkan pengemudi wanita mempunyai sifat yang lebih berhati-hati ketika membawa kendaraan.

“Mungkin karena jiwa wanita lembut,” tegasnya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *