Yuk Intip Agenda BRM Kusumo dalam Memeriahkan Festival Blangkon Loji Gandrung Solo!

oleh -896 Dilihat
banner 468x60

Surakarta – Festival Blangkon 2022 yang diselenggarakan di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah pada 9 hingga 11 September 2022, selain sebagai daya tarik wisata juga bertujuan menggaet generasi muda mencintai budaya Jawa.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan juga didampingi oleh walikota Solo Gibran Rakabuming Raka turut hadir melihat-lihat blangkon di stan yang ada kemudian melihat mini workshop di bagian belakang Loji Gandrung. Ganjar sempat membeli dua blangkon gaya Solo dari seorang pengrajin.

“Bagus sekali. Dan ternyata blangkon itu lain-lain ya. Tadi yang dari Keraton menjelaskan ternyata di bagian belakang blangkon ini, yang model ditarik, diiketnya kecil tadi ada yang tipis dan gede. Yang gede masih muda, yang tua agak kecil,” tutur Ganjar.

Tak hanya Ganjar dan Gibran, ketua LSM Lapaan RI-Jateng sekaligus advokat Dr. BRM Kusumo Putro S.H. M.H. juga turut hadir memeriahkan acara tersebut. Kusumo mengaku bangga dengan beberapa festival budaya yang digelar Pemkot Surakarta sebagai bentuk apresasi terhadap warisan peninggalan leluhur.

“Kami berharap acara ini bisa dilaksanakan rutin setiap tahun. Kami meminta kepada Pemkot untuk memberikan dukungan penuh terhadap acara luar biasa seperti ini karena blangkon adalah simbol masyarakat Jawa khususnya warga Solo,” teran Kusumo saat ditemui wartawan di loby Loji Gandrung.

Kusumo menjelaskan saat ini ada dua gaya blangkon yang dikenal para pecinta blangkon di Tanah Air, yaitu gaya Jogja dan Solo. Sehingga, dia melanjutkan, blangkon ini bisa menjadi salah satu identitas Solo maupun Indonesia di mata wisatawan.

“Ini saya pakai blangkon wahyu tumurun, gaya Solo. Filosofinya bisa memberi keberuntungan, kemuliaan, kepada siapapun yang memakai. Memberi motivasi kepada kita. Sebagai ciptaan Tuhan kita harus yakin keberuntungan dari Tuhan,” ujar Kusumo.

Kusumo berharap blangkon dapat menjadi aset atau identitas kota Solo dan juga Indonesia di mata dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *