Kenali Penyebab Gigi Gemetar atau Menggigil!

oleh -2641 Dilihat
banner 468x60

Gigi gemetar atau pada umumnya disebabkan oleh kondisi yang Anda alami yaitu kemungkinan karena tubuh yang menggigi, kedinginanl, meriang, panas dingin, demam, di mana menggigil sendiri merupakan reaksi terhadap berbagai kondisi yang otot akhirnya mengalami kontraksi berulang – ulang untuk meningkatkan suhu tubuh.

Menggigil yang disebabkan oleh demam, biasanya dipicu oleh karena : peradangan pada tenggorokan, demam berdarah, Peradangan pada Amandel, demam tifoid, infeksi saluran kemih, malaria, infeksi saluran pencernaan, dehidrasi, dan lain sebagainya.

Gigi menggigil atau bergemeletuk juga bisa disebabkan adanya refleks tubuh untuk merespon suhu dingin. Meskipun nampaknya tak terlalu efektif, tetapi refleks tersebut terjadi untuk menghasilkan panas agar tubuh Anda tetap hangat. Tubuh perlu menjaga suhu intinya, yakni sekitar 37 derajat celcius. Jika suhu tubuh mengalami penurunan, seseorang bisa mengalami hipotermina yang menyebabkan organ-organ di dalam tubuh tidak bisa bekerja maksimal, termasuk aliran darah yang membeku.

Jika sampai saat ini kondisi Anda masih saja demam dan mengakibatkan gigi gemeletuk, cobalah tips berikut ini untuk mengatasinya, yaitu :

  • Konsumsi obat pereda demam seperti Parasetamol yang dapat dibeli dengan bebas di apotik, dan minumlah sesuai dengan aturan pakai yang tertera di kemasan, apabila tidak terdapat kontraindikasi terhdap tubuh Anda.
  • Makan makanan yang sehat dan bergizi mudah Telan seperti bubur ayam atau sup ayam.
  • Minum air putih minimal 2 Liter perhari.
  • Perbanyak makan buah dan sayur.
  • Tidur dan istirahat yang cukup.

Tidak perlu khawatir, hal ini terjadi pada setiap orang – kecuali orang-orang yang tinggal pada iklim yang tidak pernah mendapatkan dingin – Tapi apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari gigi bergemeletuk saat kedinginan? Jawaban singkat dari pertanyaan ini adalah karena pada saat dingin otot-otot wajah akan bergetar sebagai upaya untuk mendapatkan kehangatan, sehingga menyebabkan gigi menjadi bergemeletuk.

Jika setelah anda melakukan cara cara di atas kondisi yang Anda alami masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, pemeriksaan mulut dan gigi, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pastinya nantinya diketahui.

Dan jangan khawatir, Ester Dental siap memberikan edukasi seputar gigi gemetar atau menggigil untuk anda!

Ester Dental Solo Baru 1

Jl Ir Soekarno Ruko HC 15, Pusat Bisnis Solo Baru

Whatsapp : 08777 243 9191

Ester Dental Solo Baru 2

Jl. Ir Soekarno 31A, Solo Baru

Whatsapp : 0811261269191

Ester Dental Fajar Indah

Jl. Pakel 61A, Baturan, Colomadu

Whatsapp 082296179191

Ester Dental Solo Kota

082218019191

kunjungi sosmed kami :

Facebook: https://www.facebook.com/ester.dental

Instagram: https://www.instagram.com/esterdentalclinic/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *