Dies Natalis UNIBA Ke-40 Hadirkan Orasi Ilmiah Strategi Dalam Membangun Kualitas SDM

oleh -453 Dilihat
banner 468x60

Surakarta – Dalam menyambut Dies Natalis ke-40 tahun, Universitas Islam Batik Surakarta atau UNIBA menghadirkan tema “Orasi Ilmiah Strategi Membangun Kualitas SDM”. Acara tersebut dikemas dalam Rapat Senat Terbuka pada Rabu pagi (26/07/2023) di gedung auditorium Kampus Uniba Surakarta.

Didahului dengan penyampaian Laporan Tahunan Rektor disampaikan langsung oleh Rektor UNIBA Surakarta, Dr. H. Amir Junaidi, S.H., M.H. Setelah penyampaian laporan tahunan Rektor dilanjutkan dengan acara inti, yaitu penyampaian orasi ilmiah. Penyampaian orasi ilmiah dengan pembahasan terkait Strategi Membangun UNIBA Melalui Peningkatan Kualitas SDM disampaikan oleh Prof. Dr. H. Ravik Karsidi, M.S., yang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Menko PMK Bidang Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Acara dihadiri dari tamu internal dan tamu eksternal. Tamu internal terdiri dari perwakilan civitas academica dari pengurus YAPERTIB Surakarta, jajaran senat, dosen, mahasiswa, dan alumni. Pada kesempatan kali ini turut dihadiri oleh Kepala LLDikti Wilayah VI Jawa Tengah, Rektor atau perwakilan perguruan tinggi dari universitas di Solo Raya, perwakilan mitra kerjasama, dan tamu undangan.

Ketua Panitia Orasi Ilmiah tahun 2023 Dimas Ilham Nurrois S.E. M.Ak menyampaikan, dengan digelar acara tersebut bertujuan untuk pembentukan karakteristik UNIBA dalam memajukan kualitas SDM. “Alhamdulillah acara tersebut dapat berjalan dengan lancar, dengan tamu undangan dari jajaran senat, dosen, mahasiswa dan para alumni. Serta suatu kehormatan dihadiri langsung oleh para Rektor dari Universitas di Karesidenan Surakarta,” ucap Dimas.

Selanjutnya, apresiasi disampaikan oleh Rektor UNIBA terhadap SDM di lingkungan UNIBA Surakarta dan Alumni berprestasi. Apresiasi yang pertama disampaikan kepada tiga dosen yang telah berhasil meraih gelar Doktor. Adapun ketiga dosen tersebut adalah Dr.Ismiyanto, S.H., M.H, Dr. Dra. Hj. Siti Maryam, M.M, dan Anita Wijayanti, S.E., M.M., Akt., CA., Ph. D. Apresiasi selanjutnya disampaikan kepada SDM UNIBA Surakarta dengan masa kerja terlama. Apresiasi diberikan kepada Bp. Dr. Bambang Mursito, M.M., sebagai Dosen dengan masa kerja terlama (37 tahun 8bulan) dan Ibu Atmi Istrini sebagai Tenaga Kependidikan dengan masa kerja terlama (37 tahun 3 bulan).

Dalam kesempatan tersebut, mantan Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi, Ms yang saat ini menjabat sebagai staff khusus Menko PMK turut menyampaikan apresiasinya lewat wawancara dengan media. “Karena saya wong Solo yaa, kebetulan kapasitas saya staf khusus Menko PMK, saya diminta menyampaikan materi SDM yang unggul, serta tentang transformasi dunia pendidikan yang sangat cepat melalui digitaliasasi, untuk itu saya ucapkan selamat untuk UNIBA, semakin jaya,” tutur Ravik.

Rektor UNIBA berharap, dengan adanya orasi ilmiah tersebut, Universitas Islam Batik Surakarta menjadi Entreprenuerial University yang akhlakul karimah, profesional, berdaya saing global, memiliki komitmen pada risalah Islamiyah di bidang pendidikan, penelitian dan
pengabdian kepada masyarakat sebagai rahmatan lil’alamin. (jen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *