PRESS CONFERENCE GEBYAR BUDAYA JARWANA “Reborn” 2023 Kelurahan JAYENGAN

oleh -737 Dilihat
banner 468x60

SURAKARTA, SINDOSOLO.NEWS – Kelurahan Jayengan yang terletak di jantung Kota Surakarta, sebelah Utara Kelurahan Kemlayan, sebelah Barat Kelurahan Penularan, sebelah Selatan Kelurahan Kratonan, sebelah Timur
Kelurahan Gajahan. Jayengan termasuk dalam wilayah kecamatan Serengan.

Jayengan dihuni oleh 3 etnis keturunan, yang jumlah jiwanya hampir sama banyaknya, yaitu keturanan Banjar, keturunan Jawa dan keturunan Cina. Ketiga etnis tersebut dapat membaur hidup rukun menjadi keluarga di Kelurahan Jayengan.

Membaurnya ketiga etnis itu hidup
berdampingan didalam sutu wilayah kelurahan jayengan yang tidak pernah terjadi konflik satu sama lainnya. Pada tahun 1960 an muncul istilah “Jarwana” singkatan dari Banjar, Jawa, dan Cina.
Jarwana dapat hidup rukun, saling menghargai satu sama lain. Ini merupakan budaya adiluhung yang dapat menjadi suri tauladan bagi umat manusia di seluruh dunia. Untuk itu
budaya Jarwana dipandang perlu, untuk diangkat sebagai pembelajaran bagi seluruh umat manusia, akan arti “Hidup Rukun” walaupun hidup dalam perbedaan.

Press Conference Budaya JARWANA Kelurahan Jayengan. (sindosolo.news/photo:obie/r)

Mengambil tema “Jarwana Reborn” adalah menandakan lahirnya kembali Gelar Budaya Jarwana dengan bentuk dan konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana biasanya kegiatan Budaya Jarwana di khususkan dengan Kirab Budaya, pada tahun ini Budaya Jarwana mengusung konsep
seni pertunjukan.

Gelar Budaya Jarwana dilaksanakan pada :

Hari/tanggal : Sabtu & Minggu, 11-12 November 2023.
Lokasi : Lapangan Kartopuran Jayengan.
Jam : Pk. 15.00 – 22.00 WIB.

Rundown Kegiatan :
Day 1 : 11 November 2023 mulai pukul 15.00 – 22.00 WIB, dilaksanakan kegiatan Beauty Class, Ragam Perfomance Budaya Masyarakat Jayengan yang ditutup dengan Romanz Pitu Musik Etnik Millenial.

Day 2 : 12 November 2023 mulai pukul 15.00 – 22.00 WIB dilaksanakan kegiatan
Lomba Menghias Tumpeng Nuansa Jarwana, Pertunjukan Tri Hayu Ing Jarwana, Perform Pakar Musik dan ditutup dengan perform Jihan Audy.

Sementara untuk kegiatan pesta jajanan 3 etnis dilaksanakan pada tanggal 11-12 November mulai pukul 19.00 WIB dengan pembagian jajanan gratis dengan total 3.000 pcs, untuk food festival & UMKM dilaksanakan 11-12 November 2023 mulai pukul 15.00-22.00 WIB dengan total stand sebanyak 74 stand. (Obie/r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *