Wajib Datang dan Coba jika Singgah di Kota Solo, 5 Tempat Kuliner Legend di Kota Solo

oleh -764 Dilihat
banner 468x60

SOLO, SINDOSOLO.NEWS – Kota Solo Jawa Tengah memang tak kan habis untuk di ungkapkan dalam kata dan cerita. Disamping pesona wisatanya mulai dari pesona Karaton Surakarta hingga Pasar Klewer yang menyimpan sejuta cerita yang tentunya tidak mudah untuk dilupa dan akan terus mengingatkan para pendatang yang berkunjung di kota Solo untuk kembali singgah dan datang lagi ke kota Solo. Solo warganya ramah ramah, santun dan memikat hati, apa lagi pesona kulinernya yang bisa dikatakan serba ada komplit dan berselera tentunya.

Pokoknya jika datang di kota solo pengunjung dan pecinta kuliner wajib dan musti coba wisata kuliner legenda khas kota Solo yang sudah mendunia. Datang dan buktikan sensasi legenda rasa kuliner kota Solo yang telah mendunia ini. Berikut referensi tempat kuliner legenda dikota Solo.

Sate dan Tengkleng Kambing Legend Pak. Manto Solo. (sindosolo.news/photo:istimewa)

1. Warung Sate & Tengkleng Legendaris Solo Pak Manto.

Sate dan Tengkleng Rica Pak Manto yang beralamat di Jln. Honggowongso No.36, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, termasuk satu kuliner legendaris kota Solo yang wajib untuk dicoba dan dikunjungi.

Kuliner Sate dan Tengkleng Rica rica Kambing ini, berbahan dasar tulang kambing yang berbeda dari tengkleng lainnya, karena dimasak menggunakan bumbu rica-rica berwarna merah kehitaman.

Tak ketinggalan santan, cabai dan merica dicampurkan untuk menambah rasa khas dari tengkleng rica ini yang pedas. Warung Tengkleng Pak Manto didirikan oleh mendiang Bapak Sumanto yang buka sejak tahun 1990.

Pecel Solo Resto Tempo Doeloe Menu Rasa Istimewa Bernuansa Klasik dan Unik. (sindosolo.news/photo:istimewa)

2. Pecel Solo Resto Tempo Doeloe.

Pecel Solo Resto bisa menjadi jujugan tempat makan enak dan menggugah selera di Solo. Cukup populer di kalangan masyarakat Solo dan sekitarnya, pasalnya Pecel Solo Resto sudah buka sejak tahun 2002 dan masih eksis hingga saat ini.

Terlebih Pecel Solo Resto menjadi incaran pecinta kuliner lokal maupun luar kota karena mudah dijangkau. Beralamat di Jln. Prof. DR. Supomo No.55, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jika anda berkunjung anda akan menemukan bangunan dengan interior display barang antik. Mulai dari meja lurah, dingklik, gerobok, lesung, almari-almari jawa kuno, gebyok, lampu-lampu kuno, toples-toples kuno dan lain-lain.

Display barang antik tersebut ditata rapi hingga membuat pengunjung serasa hidup di kampung tempo dulu.

Perlu diketahui, pemilik resto ini ternyata juga seorang kolektor barang antik tradisional. Hal inilah yang membuat suasana di restoran ini dipenuhi dengan berbagai pernak-pernik khas Jawa. Tak hanya bangunannya yang klasik, di resto ini juga menawarkan beragam menu khas dan tentu menggugah selera.

Adapun untuk fasilitas di resto ini juga menarik lho, mulai dari area parkir luas, tempat hingga tiga lantai, toilet bersih, mushola dan lain-lain. Menariknya lagi, Pecel Solo Resto juga bisa menjadi tempat sempurna untuk mengadakan acara pribadi. Misalnya ulang tahun, arisan , pertemuan keluarga dan pernikahan.

Dimsum ins Resto Dim sum Minimalis Resto tapi menyimpan sejuta rasa. (sindosolo.news/photo:istimewa)

3. Dimsum ins Resto Dim sum Solo.

Beralamat di Jln. Moh. Husni Thamrin No.71, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Memiliki area minimalis namun cukup nyaman, Dimsum ins menjadi tempat makan yang cukup favorit di Solo. Menu dimsumnya beragam dan harganya pas di kantong. Dimsum ins, juga punya menu chinese food lain yang wajib dicoba pencinta kuliner. Dimsum Ins buka setiap hari pukul 07.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Sesuai dengan namanya, tempat makan tersebut menjual berbagai makanan ringan atau makanan porsi kecil khas China. Beberapa di antaranya adalah siomay, bakpao, angsio ceker, hakau, lumpia, dan mi. Harga satu porsi makanan mulai dari Rp 12.000 sampai 25.000. Biasanya dalam satu porsi berisi tiga buah makanan dalam wadah bambu.

Soto Gading 2 Langganan Keluarga Presiden. (sindosolo.news/photo:istimewa)

4. Soto Ayam Gading 2 Solo yang terkenal Langganan Keluarga Presiden.

Penggemar Soto Ayam wajib mencoba kenikmatan Menu Soto Ayam langganan keluarga Presiden ini. Kedai Soto Ayam Gading 2 beralamat di Jln. Veteran No.285, Tipes, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Dalam semangkuk Soto Gading isinya ada suwiran ayam kampung, soun, kentang, seledri, dan bawang goreng. Kuahnya bening dengan rasa gurih kaldu yang sederhana, namun nikmat. Kesederhanaan ini justru membuat orang-orang selalu merindukan cita rasanya.

Tempat meraciknya ada di bagian depan, seolah menyambut tiap pengunjung yang datang dengan kepulan asap yang menyeruak dari panci rebusan kaldu. Pengalaman makan soto ayam makin lengkap dengan aneka lauk yang tersaji di meja-meja. Kita bisa pilih sosis solo, tahu, atau tempe goreng. Harganya mulai dari Rp 4 ribuan saja.

Bakso Kadipolo Masakan Jawa Resto Rasanya selalu terngiang Sensasinya selalu di Hati. (sindosolo.news/photo:istimewa)

5. Bakso Kadipolo Masakan Jawa Resto yang Bikin Nagih dan Selalu Di Hati.

Bakso memang salah satu makanan yang disukai banyak orang dan menjadi kuliner buronan para wisatawan. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini kuliner bakso ada dimana-mana. Begitu pun di Kota Solo, ketika kita menyusuri setiap jalan maka akan banyak ditemui warung bakso. Salah satunya adalah Bakso Kadipolo yang bikin nagih pembelinya. Kelezatannya pun tak perlu diragukan lagi karena sudah terkenal sejak tahun 1967 ditambah rasanya maknyus dan sangat menggoda bagi siapapun yang mencicipi bakso.

Orang asli Solo pun pasti tidak asing dengan warung makan bakso unggulan ini, selain tempatnya yang luas dan nyaman harga yang ditawarkan juga terjangkau mulai dari Rp. 20.000 sudah dapat merasakan lezatnya keaslian daging sapi yang terkandung dalam bakso. Bakso kadipolo letaknya sangat strategis, di pinggir jalan raya depan RS. PKU Muhammadiyah Surakarta, tepatnya di Jln. Ronggowarsito No. 163, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta. Buka pada jam 06.30 WIB hingga 21.30 WIB.

Jika dilihat nama tempat makannya, kebanyakan orang berpikir bahwa tempat ini hanya menyediakan bakso saja. Akan tetapi dugaan tersebut belum pas, bakso kadipolo menyediakan aneka macam masakan jawa yang siap menemani wisata Anda ke kota Solo seperti tengkleng kambing, asem-asem iga sapi, garang asem ayam kampung, sayur sop jawa dan sebagainya. (Obie/r.)

Bakso Kadipolo Masakan Jawa Jawa Komplit Murah Berselera. (sindosolo.news/photo:istimewa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *