Arti Tradisi Bancakan Menurut BRM Kusumo Putro

oleh -2676 Dilihat
banner 468x60

Surakarta – Tradisi Bancakan merupakan tradisi turun – temurun yang harus tetap kita DILESTARIKAN bersama. Bancakan mempunyai sejumlah manfaat yakni membangun sebuah Kebersamaan dan Kepedulian Sosial Antar Manuasia sebagai sesama Mahluk Sosial hidup bermasyarakat dalam mengucap syukur kepada Allah Sang Pencipta Alam dan Sang Pemberi Kehidupan atas berkah segala kebaikan yang diberikan kepada kita.

Hal ini diungkap oleh Ketua Dewan Pemerhati Dan Penyelamat Seni Budaya Indonesia dan Ketua Yayasan Forum Budaya Mataram ( FBM ) Dr. BRM Kusumo Putro, S.H. M.H.  Menurutnya, Bancakan sendiri memiliki makna membangun kebersamaan dalam kerukunan dan perasaan senasib sepenanggungan, membangun kebersamaan dalam menghargai dan mengelola Alam. Bancakan juga membangun kebersamaan dalam menyikapi perbedaan yang ada di Masyarakat guna Mewujudkan sebuah Toleransi Sosial antar manusia.

“Tradisi Bancakan merupakan tradisi turun – temurun yang harus tetap kita lestarikan bersama,” tutur Kusumo.

Kusumo menuturkan Bancakan mempunyai sejumlah manfaat yakni
membangun sebuah Kebersamaan dan Kepedulian Sosial Antar Manusia sebagai sesama Mahluk Sosial hidup bermasyarakat. Membangun kebersamaan dalam mengucap Syukur ke Allah Sang Pencipta Alam dan Sang Permberi Kehidupan.

“Membangun kebersamaan dalam kerukunan dan perasaan senasib sepenanggungan, Membangun kebersamaan dalam Menghargai dan Mengelola Alam,” lanjutnya.

Kusumo berharap semoga tradisi secara turun temurun tersebut dapat dilakukan oleh masyarakat Jawa dalam melestarikan adat dan budaya di Indonesia (jen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *