ITMA DPD Jateng,Upgrading Skill Tour Leader Umroh Profesional

oleh -823 Dilihat
oleh
banner 468x60

Semarang, Sindosolo.news – ITMA (Indonesian Tour Leader Moslem Association) DPD Jawa Tengah Kembali menggelar Training Nasional, Pelatihan dan Upgrade Skill Tour hp Leader Umroh Profesional yang digelar di Hotel Triizz Semarang yang diikuti oleh 50an peserta dari berbagai kota di Jawa Tengah, Bekasi dan Bangka Belitung, Kepulauan Riau,Senin(23/01/23)

Dalam kesempatan tersebut animo peserta yang besar tidak lepas dari kondisi saat ini, dimana terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada jemaah umroh dari Indonesia, yang tentu saja berimbas pada peningkatan kebutuhan Tour Leader yang mumpuni dalam pelayanan kepada para Jemaah.

 

Jumlah penduduk muslim yang besar di Indonesia berbanding lurus dengan besarnya Jemaah umroh dibandingkan dengan negara lain.

Jumlah tersebut terus meningkat seiring dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan serta kesadaran ibadah dari para penduduk muslim di Indonesia. Belum lagi pasca penutupan ibadah umroh di masa pandemic, membuat kerinduan begitu dalam untuk segera berangkat ke tanah suci begitu diperkenankan.

Untuk diketahui pada masa sebelum covid 19, jumlah jamaah umrah Indonesia berdasar data Kementerian Agama dalam kurun 2014-2015 berjumlah 649.000 orang.

Meningkat di tahun 2015-2016 sebanyak 677.509 orang, naik lagi di 2016-2017 yaitu 876.246 orang, kemudian melonjak signifikan di tahun 2017-2018 mencapai 1.005.336, dan menurun sedikit di tahun 2018-2019 menjadi 974.650 jamaah.
Sedangkan setelah dicabutnya pembatasan umroh masa pandemic, Indonesia tetap menjadi negara yang mengirimkan Jemaah umroh terbanyak. Sebagaimana diberitakan juga di Saudi Gazette, pada Kamis (6/10/2022), sebanyak 317.200 jemaah Indonesia tiba di Kerajaan Arab Saudi untuk melakukan ibadah umroh selama musim ini.

Berkaca dari hal tersebut, kebutuhan seorang Tour Leader Umrah menjadi salah satu kebutuhan. Berbagai biro perjalanan umroh pun mulai merebak. Kegiatan pasca pandemi covid 2023 pada era new normal, umroh semakin banyak. Karena masa tunggu pada saat pandemi selama 2 tahun lebih.

Sementara itu,H. Rochmad Sugiarto, Ketua DPD ITMA Jawa Tengah menjelaskan bahwa untuk Menjembatani permasalahan yang ada, “ITMA Jateng mengadakan Pelatihan & Up Grading Skill untuk Tour Leader Umroh.

 

“Kegiatan Pelatihan Ke 2 ini Kembali mengambil lokasi di Semarang untuk memudahkan akses dari berbagai daerah, terlebih, Semarang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah,”katanya.

 

Pelatihan ini juga digunakan sebagai dasar dalam nantinya TL Umrah menjadi TL Umrah profesional dengan bersertifikat Kompetensi Profesi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Pemateripun didatangkan dari DPP ITMA Jakarta selain dari Jawa Tengah sendiri.
Diharapkan, nantinya TL Umrah di Jawa Tengah juga akan meningkat secara jumlah dan kompetensinya.

Hal ini menjadi tujuan utama, bahwa TL Umroh nantinya mampu bekerja melayani para jamaah dengan kompetensi yang bagus.

Dalam pelaksanaannya, Narasumber yang didatangkan untuk mengisi materi tidak hanya dari Pengurus ITMA DPD Jateng saja, namun juga melibatkan ITMA Training Center yang digawangi oleh Pak Pundi Purwanto selaku Direktur yang membantu mengatur jalannya acara.
Dihadiri oleh Ketua Umum ITMA, H.R Iman Kadarisman, S.E, M.M yang memberikan materi 10 (Ten) Moments Guiding Technique On the Bus, dilanjutkan oleh Pak H. Fahmi Hilabi yang merupakan Ketua ITMA DPD Jawa Timur, menyampaikan Implementasi 14 Unit SKKNI dalam Perjalanan Umrah dan Visa Umroh, Airport Handling, LA Umrah.

 

Sesi berikutnya adalah sesi talkshow yang menghadirkan Penasehat ITMA DPD Jateng, Bapak H. Setyo Legowo dengan materi TL Umrah Multitasking dan Ratna Puspitasari, S.I.P, Bidang Pengembangan & Pelatihan ITMA DPD Jateng yang membawakan materi The 3 C’s of Tour Leader.
Ivon Lolita, salah satu peserta pelatihan yang hadir dari Bekasi menyampaikan bahwa dia sangat terbantu dan tercerahkan dengan materi yang disampaikan karena selama ini semua dikerjakan tanpa panduan dan Batasan yang jelas.

Hal senada diungkapkan oleh Retno Apriani, peserta asal Purwokerto yang mewakili para peserta lainnya meminta pelatihan-pelatihan lanjutan di bidang TL umrah, utamanya di bidang Public Speaking guna membekali diri untuk menjalani profesi.

“Pelayanan terbaik para djamaah umroh menjadi perhatian serius bagi kami untuk meningkatkan pelayanan terutama public speaking on para Tour Leader nantinya,” katanya

Dan kedepannya DPD ITMA Jawa tengah akan mengadakan kembali di Purwokerto, Pekalongan,brebes nantinya ( Din/r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *