Apa Peran Gigi Tiruan?

oleh -952 Dilihat
banner 468x60

Apakah kamu pernah mengalami gigi patah atau lepas? Atau malah keluarga dan teman kamu yang mengalaminya?. Pernah berfikir membiarkan gigi yang lepas tersebut? Nah, kali ini mindok mau jelasin nih kenapa gigi yang lepas harus diganti dengan gigi tiruan.

Gigi Tiruan merupakan gigi pengganti jika ada gigi yang tanggal, namun penggunaannya masih dianggap hanya untuk lansia padahal orang dewasa usia muda pun butuh gigi tiruan jika ada giginya yang tanggal. Mengapa demikian ? Gigi memiliki fungsi estetika, pengunyahan makanan dan pengucapan. Jika gigi tidak lengkap, seseorang akan kesulitan dalam mengunyah makanan dan berbicara. Selain mengganggu proses mengunyah dan berbicara, gigi yang tidak lengkap juga bisa berpengaruh terjadinya pergeseran pada gigi yang tersisa disekitar gigi tanggal tersebut. Saat gigi tanggal, maka jaringan disekitar gigi yang tanggal tersebut semakin lama semakin menghilang akibatnya pertumbuhan gigi akan bergeser, pergeseran ini akan menybabkan makan mudah terselip di gigi – gigi sebelah rongga kosong (bekas gigi yang dicabut).

Lalu, posisi apa saja kita wajib memakai gigi tiruan?

Ompong

Gigi yang lepas akan membuat kamu terlihat ompong, apalagi kalau yang ompong itu gigi depan. Hal ini akan membuat rasa percaya diri kamu berkurang, dan kamu jadi nggak PD untuk tertawa lebar.

Kenyamanan

Saat salah satu atau lebih gigi lepas, biasanya kamu akan merasa tidak nyaman untuk makan dan juga akan membuat kamu susah mengunyah. Makanan yang tidak halus saat ditelan pun akan berpengaruh pada pencernaanmu.

Perubahan Posisi

Bila ada gigi yang lepas, gigi di sebelah – sebelahnya akan berusaha mengisi ruang. Sehingga gigi di sebelahnya akan bergerak dan menjadi miring. Akibat dari gigi yang miring ini, gigi lainpun akan ikut tidak beraturan.

Mempengaruhi Kerja Otot

Akibat dari hilangnya gigi dan perubahan posisi gigi, maka kerja otot – otot yang bertugas membuka dan menutup rahang serta sendi rahang akan menjadi tidak seimbang.

Terlihat Tua

Kehilangan gigi (ompong) dapat mengakibatkan kamu terlihat lebih tua. Karena, tulang rahang pada lokasi gigi yang hilang tidak dapat lagi menahan pipi dan bibir. Yang akan mengakibatkan pipimu menjadi kempot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *