PSHT Kobaret Solo Raya Gelar Aksi Buka Puasa Bersama Di Rutan Kelas 1 Surakarta, Kalapas Mengaku Bangga dan Terharu

oleh -383 Dilihat
banner 468x60

Surakarta – Tepat di bulan Ramadhan, Perguruan Silat PSHT Kobaret Solo Raya menggelar kegiatan buka puasa bersama di Rutan Kelas 1 Surakarta. Diantaranya dihadiri oleh Dewan penasehat PSHT Kobaret Solo Raya Dr. BRM Kusumo S.H., M.H., sesepuh PSHT Solo Raya Yanto, serta perwakilan dari ormas tersebut pada Sabtu sore (30/02/2024).

Dalam aksi tersebut, PSHT Kobaret Solo Raya mendapatkan izin dari Kalapas beserta petugas rutan untuk menggelar event ramadhan di dalam rutan tersebut. Dengan mematuhi prosedur/peraturan dari Rutan Kelas 1 Surakarta, siapapun boleh menggelar event Ramadhan di dalam rutan. Cukup dengan menitipkan kartu identitas, tas dan telfon genggam yang wajib dimasukkan ke dalam loker, dan juga memakai id card khusus pengunjung rutan yang diberikan oleh petugas.

Seperti halnya PSHT Kobaret Solo Raya, ortganisasi tersebut menjadi pengunjung pertama kali yang menggelar aksi buka puasa bersama di dalam rutan dan berjalan dengan lancar. Diikuti ratusan warga binaan, hal ini membuktikan bahwasanya warga binaan Rutan Kelas 1 Surakarta mampu menaati, mengikuti jalannya acara tanpa gangguan sedikitpun.

Didatangkan Ustad penceramah untuk memberikan doa dalam kegiatan buka bersama tersebut. Tampak wajah-wajah terharu warga binaan Rutan Kelas 1 Surakarta terpancar dengan kedatangan PSHT Kobaret Solo Raya, yang tentunya tidak semua orang mau datang untuk mengadakan event di dalam rutan. Dan tentunya, Dewan Penasehat PSHT Kobaret Solo Raya Dr. BRM Kusumo S.H., M.H., turut mengapresiasi dan mengaku bangga atas kegiatan tersebut.

“Terkait apa yang kami laksanakan di Rutan Kelas 1 Surakarta bahwa, kita melihat keharuan dan kebahagiaan warga binaan tersebut. Warga binaan tersebut ditahan memiliki batas waktu yaa, dan pada akhirnya mereka akan kembali ke masyarakat lagi. Dan harapan kami mereka tidak melakukan kegiatan yang merugikan masyarakat lagi, bisa hidup lebih baik, mengambil pembelajaran setelah keluar dari rutan, dan berkumpul bersama keluarga dan masyarakat lagi”, tutur Kusumo

Tidak hanya itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas 1 Srakarta, Hendra Prastya mengucapkan terima kasih sebanyak banyaknya kepada perwakilan PSHT Kobaret Solo Raya, karena telah memanfaatkan moment Ramadhan tahun 2024 dengan sebaik-baiknya, yaitu dengan mengajak warga binaan untuk mengikuti acara buka bersama. Hendra mengapresiasi kedatangan ormas tersebut, sebagaimana belum pernah ada kelompok, organisasi, ataupun komunitas yang menggelar aksi tersebut di dalam rutan, dikarenakan warga binaan merupakan persepsi dan sentimen yang kurang baik di masyarakat.

“Kami sampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada ormas PSHT Kobaret Solo Raya, terima kasih atas sumbangsihnya kepada warga binaan kami. Buka bersama ini juga merupakan salah satu wujud binaan kepada warga binaan, yaitu kesuksesan kami dalam membinanya. Mereka hanya kehilangan kemerdekaannya, tapi di moment Ramadhan ini mereka masih bisa merasakan indahnya berkumpul bersama, buka bersama, dan juga mengikuti ceramah, sangat luar biasa,” tutur Hendra.

Lanjut BRM Kusumo juga mengatakan bahwasanya warga binaan yang dibesuk oleh keluarganya hanya 100 dari total 600 lebih warga binaan. Oleh karena itu, dengan kehadiran PSHT Kobaret Solo Raya memberikan inovasi dan juga wujud pembinaan melalui kegiatan keagamaan. Kusumo berharap, kegiatan buka bersama ini dapat dicontoh seluruh elemen masyarakat, dan juga diikuti seluruh Rutan dan Lapas yang ada di Indonesia. (jen)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *