Observasi Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan dakwah UIN Surakarta, Kaji Kiprah Dakwah NU Ranting Kelurahan Sondakan yang Mengedepankan Islam Moderat

oleh -445 Dilihat
banner 468x60

SURAKARTA, SINDOSOLO.NEWS – Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Surakarta, khususnya Ranting Sondakan Kiprahnya dalam berdakwah adalah dengan mengedepankan Islam Moderat, Anak Ranting Nahdlatul Ulama Kalurahan Sondakan, menerima kunjungan Mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin dan dakwah UIN Surakarta yang tengah melakukan kajian observasi tentang dakwah di Ranting NU Kalurahan Sondakan, Laweyan, Solo. Jumat siang, (10/05/2024).

Fitri Aisyah, Mahasiswa UIN yang bertugas melakukan observasi menyampaikan beberapa hal terkait implementasi dakwah yang di lakukan oleh Ranting NU Sondakan.
Beberapa observasi yang di lakukan tersebut diantaranya tentang kultur budaya masyarakat, media dakwah dengan cara terjun langsung ke masyarakat atau melalui media online dan sinergitas NU Sondakan dengan pemerintah dan para stekholder.

Ketua Ranting NU Sondakan, Sudrajat Kentas Pribadi mengatakan, bahwa untuk melakukan dakwah ke tengah masyarakat hal yang paling utama adalah lebih dulu harus memahami kultur budaya masyarakat. Sebab antara satu lingkungan dengan lingkungan yang lain tentu memiliki kultur yang berlainan, meski dalam satu wilayah perkotaan yang sama.

Pemahaman tersebut harus di lakukan agar kita dapat mengikuti arus keinginan masyarakat, tanpa meninggalkan esensi dari dakwah itu sendiri. Seperti halnya cara cara berdakwah yang pernah di lakukan para wali yang mengikuti arus budaya masyarakat dalam satu daerah tempat berdakwah.

Sebab dakwah melalui budaya di sebutkan Ketua Ranting NU Sondakan, saat ini masih dan selalu relevan dengan berbagai kondisi zaman. Alat media dakwah tidak harus terjun langsung ke masyarakat, namun juga dapat melalui media daring sesuai dengan kondisi zaman untuk saat ini. Meski dakwah ke tengah masyarakat merupakan satu keharusan yang harus di kerjakan.

Selain melalui kultur budaya, Ranting NU Sondakan juga bersinergi dengan pemerintah dan para stekholder. Seperti halnya saat perayaan hari raya keagamaan seperti Idul Fitri, Idul Adha, bulan suci puasa, Muharram dan lainya.

Sinergitas merupakan langkah penting bagi sebuah organisasi keagamaan tak hanya untuk memudahkan dalam dakwah, namun juga memberikan kontribusi pemikiran dan arah kebijakan yang terbaik bagi kemaslahatan umat.

Kiprah Ranting NU Sondakan saat ini terus berupaya menyebarkan Islam Moderat yang selaras dengan nilai nilai luhur budaya bangsa. Sejalan dengan arah misi dan visi para pendiri bangsa dalam memerdekakan bangsa Indonesia.

“Oleh sebab itu sebagai pemangku lingkungan dalam satu wilayah perkotaan, Sudrajat bersama jajaran pengurus yang lain terus berupaya membangun sinergi dan memperkuat kiprah jamiyah tak hanya dalam dakwah saja, namun juga sosial, budaya dan ekonomi.” pungkasnya. (Obie/r./Jk).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *