Setiawan AD 1 PM Terima Gelar KRA Dari SISKS Pakoe Boewono XIII

oleh -938 Dilihat
banner 468x60

Solo – Keraton Surakarta menggelar tradisi Grebeg Maulud setiap setahun sekali, dalam rangka Maulid Nabi 12 Rabiul Awal. Tradisi ini juga dibarengi dengan Sekatenan atau Sekaten, yaitu bazar atau pasar hiburan untuk masyarakat umum.

Bersamaan dengan acara Grebeg Maulud, Setiawan S.M., M.Si., M.H., mendapatkan penganugerahan gelar bangsawan KRA dan menjadi Kanjeng Raden Aryo Setiawan Dirjonagoro dari Pakoe Buwono (PB) XIII pada Senin pagi (16/09/2024)

Dalam acara wisuda tersebut, Setiawan diajak keluarga Keraton Surakarta untuk mengikuti prosesi Grebeg Maulud, seperti menyaksikan drumband prajurit Keraton, pemindahan gamelan Sekaten dari Kori Kandungan menuju Masjid Agung, serta lempar koin.

“Saya katimbalan pikantuk kakancingan saking Sinuhun kalian Gusti Ratu, saya berterima kasih, semoga amanah ini bisa saya laksanakan dengan baik dalam rangka ikut konsen di dalam nguri-uri kebudayaan Jawi, “tutur Setiawan.

Selain bergerak di bidang pendidikan, Setiawan juga bergelut di bidang sosial dan budaya, seperti pemberian bantuan kepada masyarakat kurang mampu berupa sembako, bedah rumah, dan kunjungan ke Panti Asuhan serta kegiatan ziarah ke beberapa makam Wali Songo dan tokoh-tokoh Majapahit.

Dalam hal ini, menantu Pakoe Boewono (PB) XIII, KRA Rizki Baruna Aji, ikut mengapresiasi kedatangan Setiawan ke Keraton Surakarta Hadiningrat.

“Jadi Keraton Surakarta memiliki tradisi turun temurun, yaitu pemberian kehormatan kepada orang-orang yang memiliki kontribusi untuk nguri nguri kebudayaan Jawa, terutama budaya Keraton Surakarta itu sendiri, ” papar Rizki.

Rizki mengatakan, pemberian gelar untuk Setiawan merupakan wujud Keraton Surakarta yang membuka seluas luasnya kepada masyarakat umum, baik tua sampai generasi muda untuk ikut berkontribusi, ikut merawat budaya Jawa, serta lebih konsen pada warisan budaya Keraton Surakarta, karena Keraton sendiri merupakan benteng terakhir kebudayaan Jawa.

Setiawan mengucapkan Terima kasih atas gelar kehormatan yang sudah diberikan, yang merupakan suatu kebanggaan untuk ia dan keluarga. (jen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *