Program PROKASIH Kali Ngece Selesai dengan Sukses, Warga Gentan, Baki, Sukoharjo Gelar Tasyakuran dan Bhakti Sosial.

oleh -1202 Dilihat
banner 468x60

SUKOHARJO, SINDOSOLO.NEWS – Sukses Program PROKASIH (Program Kali Bersih) sungai Ngece Desa Gentan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo,  Warga Keden, RT.01/RW.07 Desa Gentan Baki Sukoharjo Menggelar Tasyakuran dan Pentas Kesenian Reog, bertempat di Kediaman P. Bani dan Mbah. Wiryo RT.01/RW.07 Keden Baki Sukoharjo, Pada Minggu Pagi 23/10/2022, Pukul 08.00 – hingga selesai.

Keterangan Photo : Uke Fransiska, SH dan H. Moch Samrodin, SE. MM. Dalam acara Tasyakuran Warga Keden RT.01/RW.07 Getan Baki Sukoharjo.(sindosolo.news)

Hadir dalam acara Tasyakuran tersebut, Kepala Desa Gentan Baki Uke Fransiska, SH. Anggota DPRD Sukoharjo Fraksi PKS H. Moch Samrodin, SE. MM. dan Ketua RW 07 Budi Hardoyo.

Dalam sambutanya Ketua RW 07 Budi Hardoyo menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas partisipasi dari teman teman RELITA, yaitu mengadakan tasyakuran sederhana dalam rangka Program PROKASIH (Program Kali Bersih) yang terselesaikan pada bulan September, satu bulan penuh sehingga kita mendapatkan hasil yang sangat memuaskan dari pada kegiatan tersebut.

” kami selaku pengurus warga RW. 07 atau pun mewakili dari pengurus RELITA ingin menyengkuyung khususnya Warga Keden RT.01/RW.07 Mengadakan Tasyakuran yang bersifat sederhana dalam rangka kegiatan yang telah terselesaikan pada PROKASIH, Program Kali Bersih di Sungai Kali Ngece. Sehinga kita bersama merasa syukur bahwa kegiatan itu dapat mengurangi bencana banjir yang sekiranya tiap tahun kita alami. Mudah-mudahan dapat mengurangi dengan sedikit-sedikit sehingga tidak menjadi bencana yang lebih besar lagi.” ucapnya

Photo : Kepala Desa Gentan Baki Sukoharjo Uke Fransiska, SH./sindosolo.news.

Dalam kesempatan Uke Fransiska, SH selaku Kepala Desa Gentan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh team RELITA yang pada pagi hari ini mengadakan Tasyakuran bagaimana RELITA telah melakukan program-programnya kemarin yang sudah terlaksana semuanya berjalan lancar tanpa halangan satu apa pun dan hari ini ada juga di penutupan nanti akan mengadakan penanaman bibit akar wangi.

“Semoga itu nanti menjadi tumbuhan yang benar-benar berguna dan berfungsi kebaikan dari Bantaran Kali Ngece yang pada hari-hari sebelumnya sudah kita bersihkan, semoga nanti menjadi lebih baik dan bisa mengurangi dampak kalau terjadi banjir di wilayah Gentan. Kita patut bersyukur bahwa RELITA yang sudah di bentuk oleh panitia benar-benar berhasil menggalang kegotong royongan, kebersamaan dari lintas wilayah sudah benar-benar terlaksana. UP LOUSE buat RELITA !!!.” ucapnya

” Dan saya terus berharap semoga dan saya terus sampaikan, ini bukan obor blarak terus berlangsung monggo terus dilaksanakan kegiatan kegiatan yang bisa membantu untuk kelancaran bantaran sungai Ngece dan semoga panjenengan semua dapat merasakan hasil dan nikmatnya bagaimana kebersamaan kemarin bisa terlaksana dan nantinya semoga program-program kali bersih untuk Desa Gentan bisa melebar tidak hanya dikali Ngece tapi juga dikali-kali lainya.” tutupnya .

Photo : H. Moch Samrodin, SE. MM. Anggota DPRD Sukoharjo./sindosolo.news.

lebih lanjut  H. Moch Samrodin, SE. MM. Anggota DPRD Sukoharjo dari Fraksi PKS dalam sambutan menyampaikan “Alhamdulillahi Rabbil’Alamin,” Puji Syukur Kehadirat Allah SWT pada pagi yang berbahagia ini kita bertemu dalam keadaan sehat wal’afiat dalam rangka tasyakuran dan penanaman pohon untuk menguatkan tebing tebing yaitu akar wangi dan pohon lain yang bermanfaat.

“Untuk saya pribadi saya mengucapkan Terima Kasih yang sebesar-besarnya atas undangan ini dan atas kegiatan ini mudah-mudah ini awal yang bagus, awalan yang bagus yang akan ditindak lanjuti secara konsisten sehingga betul-betul Kali Ngece dan seluruh Kali-kali yang ada di Desa Gentan ini menjadi obyek Destinasi Wisata yang bisa meningkatkan perekonomian khususnya diwilayah desa gentan.” Paparnya.

Photo : Penanaman Bibit Pohon akar wangi oleh Kepala Desa Gentan Uke Fransiska, SH./sindosolo.news.

Acara kegiatan Bhakti Sosial selanjutnya penanaman bibit pohon akar wangi di pinggir bantaran kali sungai Ngece. Sambutan warga tampak begitu sangat antusias terlihat dari semangat yang ditunjukkan dengan kebersamaan membawa bibit pohon kayu akar wangi bersama-sama menggunakan gerobak menuju pinggiran bantaran kali Ngece. Penanaman pohon pertama diawali dengan penanaman pohon bibit Kepala Desa Gentan Uke Fransiska, SH dilanjut Pohon bibit dari H. Moch Samrodin SE. MM. seterusnya dilanjut pohon-pohon bibit yang lainya.

Photo : Penanaman Pohon Buah oleh H. Moch Samrodin, SE. MM./sindosolo.news.

Dalam wawancara kepada media Kepala Desa Gentan Uke Fransiska, SH. Menyampaikan , pada pagi hari ini RELITA desa Gentan mengadakan program-program terkait masalah yang telah dilakukan RELITA pada sebelumnya, ini adalah titik akhirnya hari ini RELITA mengadakan penanaman akar wangi dan tanaman buah yang lainnya yang ditanam di bantaran-bantaran sungai yang kedepannya semoga bermanfaat bagi sungai paling tidak menumbuhkan rasa cinta warga masyarakat mana kala melihat sungai dihamparannya tidak semrawut kalau orang jawa bilang jadi disini bisa ada tanaman-tanaman yang nantinya InshaAllah akan berguna bagi masyarakat Gentan pada umumnya.

Harapan dari Desa Gentan adalah RELITA ini akan terus mengadakan kegiatan bagaimana membuat kali bersih khususnya di Desa Gentan tidak hanya di Ngece tapi dikali-kali lainya pun program kali bersih akan dilakukan oleh RELITA, itulah harapan kami selaku Desa Gentan semoga RELITA tidak hanya obor blarak yang hanya untuk saat ini saja tapi terus berkembang untuk membuat kegiatan kali bersih diseluruh Desa Gentan.

Untuk agenda selanjutnya kita sudah koordinasi kemarin dengan RELITA kita akan lihat program RELITA yang pertama sudah berhasil Alhamdulillah, dan kita bisa melihat hasilnya bagaimana kali di bantaran ngece ini benar-benar terlihat bersih dan semoga nanti dengan bersihnya kali ini tidak saat ini saja tapi warga Desa Gentan yang ada di wilayah sekitar sini bisa menjaga nanti kedepanya bisa seperti ini terus dan nanti untuk RELITA program berikutnya adalah dikali yang disebelah utara kantor Desa Gentan itu masih ada kali juga yang masih milik Desa Gentan semoga kegiatan RELITA ini bisa mengarah kesana untuk membantu menjadi kali bersih berikutnya.

” Saya selalu menyampaikan kepada warga Desa Gentan terus jaga kebersihan kali di wilayah Desa Gentan karena kita tahu kali di Desa Gentan ini setiap musim hujan sering mengakibatkan banjir di wilayah kita semoga dengan ada kegiata RELITA ini kali bersih sudah terwujudkan nanti dampaknya untuk banjir di Desa Gentan bisa terkurangi walau pun kita tidak bisa mentargetkan tidak ada banjir tapi paling tidak bisa mengurangi dampak dari banjir diwilayah Desa Gentan.” Pungkasnya.

Photo : Pentas Kesenian Reog Ponorogo dari Padepokan Merah Putih./sindosolo.news.

Tidak terlewatkan, H. Moch Samrodin, SE. MM. Dalam wawancara kepada media menyampaikan ,Kegiatan pada hari ini adalah wujud syukur kepada Allah SWT, yang disepuhi oleh Mbah Wiryo ini, Alhamdulillah Hasil dari Serap Aspirasi Masyarakat berkaitan dengan keluh kesah warga berkaitan dengan banjir dan kali yang nyuwun pangapunten kotor kumuh gitu akhirnya ditindak lanjuti terbentuknya RELITA (Relawan Kali Gentan).

Dan Alhamdulillah Gayung bersambut oleh pemerintah desa Gentan dan beberapa UPD yaitu dari DLH, dari DPUPR, dari BBWS Gayung bersambut Alhamdulillah berhasilah seperti yang kita lihat sekarang ini. Dan harapan kedepan ini jangan hanya berhenti sampai sini saja, terus berkelanjutan konsisten bisa menimbulkan mewacanakan untuk tumbuhnya destinasi wisata.

Dan harapan kedepan ada BUMDES yang bergerak dibidang Pariwisata khususnya bagaimana membuat kali ini bersih yang tadinya kumuh bisa betul-betul indah. Kami ini merupakan kegiatan RELITA itu menjadi harapan percontohan, artinya PROKASIH Program Kali Bersih tidak harus nengeluarkan anggaran yang besar karena melibatkan Masyarakat. Dan ternyata tidak harus Normalisasi tapi dengan PROKASIH pun sudah merupakan Solusi, dan harapannya bisa ditindak lanjuti diwilayah-wilayah lainya.

Sebelum menutup wawancara Moch Samrodin berpesan kepada warga Desa Gentan, Semoga tetap Kompak, terus senantiasa menebar benih-benih kebaikan mudah-mudahan ini menjadi amal yang akan mengalir yang akan diikuti oleh generasi atau relawan-relawan selanjutnya.

Terus berlanjut kegiatan selanjutnya bergeser ke kediaman Mbah. Wiryo untuk Salamatan tasyakuran setelah acara Selamatan tasyakuran berakhir warga disuguhi hiburan kesenian Reog Ponorogo dari Group Reog Padepokan Merah Putih hingga acara Bhakti Sosial dan Tasyakuran Warga Keden RT.01/RW.07 Gentan Baki ini berakhir keseluruhanya. (OG.ss/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *