TRADISI “GREBEG PENJALIN” V TAHUN 2022 ROTANKU, TRANGSANKU BAGI NEGERIKU.

oleh -1119 Dilihat
banner 468x60

SUKOHARJO, SINDOSOLO.NEWS – Setelah sekian lama waktu berlalu vacum Tradisi masyarakat Desa Trangsan yaitu “GREBEG PENJALIN” akan kembali digelar. Grebeg Penjalin adalah sebuah peristiwa budaya untuk menunjukkan expresi rasa syukur
masyarakat Desa Trangsan, Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo dan sekitarnya akan karunia Alloh SWT yang telah menjadikan rotan/penjalin sebagai mata pencaharian masyarakat Desa Trangsan.

GREBEG PENJALIN adalah sebuah kreasi yang kehadirannya secara sengaja diciptakan untuk menumbuhkan semangat kerja dan daya cipta serta kreatifitas segenap pelaku industri mebel ROTAN di Desa Trangsan dan sekitarnya. Kerajinan Rotan Desa Trangsan adalah sentra kerajinan terbesar di Jawa,  Tengah dan terbesar ke-2 di Indonesia setelah sentra kerajinan cirebon Jawa Barat.

Sentra kerajinan yang sumber bahan bakunya berasal dari Luar Pulau Jawa mampu menjadi mata pencaharian masyarakat Desa Trangsan yang berlangsung sejak tahun 1937. Modal keahlian masyarakat ini yang menjadikan Trangsan menjadi desa yang sangat dikenal diseluruh dunia karena produk-produknya telah tersebar diseluruh penjuru dunia.

Photo : Rangkaian Kegiatan “GREBEG PENJALIN” V 2022./sindosolo.news.

Ketika Industri kerajinan rotan mengalami gejolak dan penurunan permintaan dari buyer sehingga menyebabkan kelesuan yang berdampak multiplier effek yang salah satunya peralihan profesi masyarakat. Kondisi inilah yang menyadarkan masyarakat Trangsan untuk membangkitkan kembali industri kerajinan ini melalui kegiatan budaya yang disebut dengan “GREBEG PENJALIN”. Yang dimungkinkan ini adalah peristiwa yang ada dan satu-satunya di indonesia serta pertama kali diadakan.

Tahun ini “GREBEG PENJALIN” memasuki tahun ke-5, Yang rencananya akan diselenggarakan pada 27-30 Oktober 2020 dengan mengambil tema “ROTANKU, TRANGSANKU BAGI NEGERIKU”. Grebeg Penjalin Tahun ini sangat Strategis karena dilaksanakan di masa Recovery setelah pandemi Covid-19 (selama pandemi grebeg
penjalin ditiadakan) dan di tengah bayang-bayang resesi ekonomi global/dunia.

Kegiatan ini diharapkan menjadi Momentum untuk meningkatkan daya tarik dan menumbuhkan kembali pasar bagi industri rotan khususnya pasar dalam negeri menuju kebangkitan dan kejayaan seperti masa lalu
yang pernah mengalami kejayaan. Grebeg Penjalin diharapkan dapat menjadi pendahuluan geliat ekonomi baru dan akan menjadi IKON terwujudnya Desa Trangsan sebagai daerah tujuan wisata baru, serta menjadikan Trangsan sebagai Desa Wisata.

Photo : Tradisi “GREBEG PENJALIN” Mendapat Dukungan dari Pemerintah Desa Trangsan./sindosolo.news.

Tujuan diadakan grebeg Penjalin ini adalah :

  1. Menciptakan peristiwa Budaya Kreatif untuk menjadi momentum dan Ikon Budaya bagi kemajuan Desa Trangsan.
  2. Menumbuhkan kecintaan terhadap produksi mebel rotan bagi masyarakat Trangsan Sukoharjo pada khususnya dan Surakarta Indonesia pada umumnya.
  3. Menciptakan pangsa pasar baru dari hasil-hasil produksi mebel rotan desa Trangsan khususnya pasar domestik yang selama ini justru tidak tergarap dengan baik.

Sasaran yang menjadi subyek kegiatan dari “GREBEG PENJALIN” ini adalah :

  1. Seluruh Warga Desa Trangsan dan Sekitarnya.
  2. Para Pelaku Industri Mebel Rotan.
  3. Komunitas Pendidikan.
  4. Komunitas Agama.
  5. Komunitas Petani.
  6. Komunitas Seni dan Budaya.
  7. Komunitas Profesi/Hobi.
  8. Komunitas Olah Raga.
  9. Komunitas Pemuda.
  10. Komunitas Perempuan dan lain-lain.

Kegiatan Grebeg Penjalin V akan diisi dengan serangkaian acara antara lain :

  1. PAWAI / KARNAWAL BUDAYA
    HARI KAMIS TANGGAL 27 Oktober 22 PUKUL 07.00 S/D SELESAI.
  2. BAZAR DAN PAMERAN KERAJINAN ROTAN (TRANGSAN GREAT SALE)
    TANGGAL 27-30 Oktober 2022 PUKUL 09.00 WIB S/D 21.00 WIB.
  3. DONOR DARAH TANGGAL 28 Oktober 2022.
  4. PANGGUNG SENI DAN BUDAYA/LIVE MUSIC TANGGAL 27-30 Oktober 2022 PUKUL 09.00 WIB S/D 21.00 WIB.
  5. TALK SHOW DAN WORKSHOP PENGEMBANGAN INDUSTRI ROTAN
    TANGGAL 27-29 Oktober 2022.
  6. PENTAS WAYANG KULIT SEMALAM SUNTUK HARI SABTU TANGGAL 29 Oktober 2022 PUKUL 19.00 WIB S/D SELESAI WIB, BERTEMPAT DI BALAI DESA TRANGSAN.
  7. SENAM SEHAT DAN LOMBA MEWARNAI
    TANGGAL 30 Oktober 2022.
Photo : Antusias Warga Menyambut Acara Tradisi “GREBEG PENJALIN” V 2022./sindosolo.news.

Pada Rangkaian kegiatan Grebeg Penjalin ini akan ada Karnaval atau Pawai Budaya/Grebeg Penjalin V 2022 Desa Trangsan, yang ini akan menjadi acara puncak dari keseluruhan rangkaian acara “GREBEG PENJALIN” ini akan ada tradisi menarik berupa perebutan Gunungan Grebeg Penjalin oleh warga yang berisi dengan produk produk kerajinan rotan yang dikumpulan dari Pengusaha-pengusaha rotan yang ada di Desa Trangsan. Dan pada saat yang sama akan ada Pameran Kreasi Produk rotan yang itu akan diikuti oleh para pelaku usaha kerajinan rotan yang ada didesa Trangsan, mereka nanti akan menampilkan karya kreatifitas dengan aneka jenis produk rotan yang menarik seperti : Replika Kapal Penisi, Replika Jamur Raksasa, Replika Gazebo Jumbo, Kupu-kupu Raksasa dan lain-lain.

Bazar dan Pameran produk kerajinan rotan menjadi salah satu agenda menarik di event “GREBEG PENJALIN” acara ini berguna menunjukkan kualitas dan potensi hasil karya warga desa trangsan, acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 27-30 Oktober 2022 Pukul 09.00 WIB s/d 21.00 WIB di GOR dan Show Room Desa Trangsan. Produk dan Kerajinan Rotan akan dijual dengan harga yang menarik dengan tetap menunjukkan kualitas yang tinggi.

Kegiatan Grebeg Penjalin Desa Wisata dan Desa Devisa Rotan Trangsan sangat dinanti oleh masayarakat dan diharapkan akan mendapatkan supporting dari pemerintah mengingat Desa Trangsan adalah salah satu
Desa yang menghasilkan Devisa sangat tinggi yakni 60% lebih di Kecamatan Gatak. Panitia kegiatan mengharapkan kerjasama semua pihak termasuk dengan seluruh media masa baik cetak on line maupun elektronik untuk dapat mendukung dan ikut mensukseskan acara “GREBEG PENJALIN” ini dengan cara mempublikasikan event ini. /OG.ss.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *