Sorot Pemilihan Calon Rektor UNS, BRM Kusumo : Rektor UNS Harus Mampu Mengemban Semboyan Tridharma Perguruan Tinggi

oleh -1148 Dilihat
banner 468x60

Surakarta – Universitas Sebelas Maret mengadakan pemilihan calon Rektor yang akan ditetapkan oleh Majelis Wali Agung (MWA). Pemilihan dan penetapan calon Rektor UNS periode 2023-2028 diadakan mulai dari tanggal 20 hingga 28 Oktober 2022.

Ketiga calon Rektor UNS yang telah ditetapkan tersebut adalah, Prof. Dr. Hartono, dr. M.Sim ; Prof. Dr. I Gusti Ketut Ayu Ketut Rachmi Handayani, S.H., M.M ; dan Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.Si.

Pengamat sosial dan pendidikan serta budaya, Dr. BRM Kusumo Putri S.H. M.H. ikut menyorot pemilihan calon Rektor UNS yang merupakan barometer nasional.

Menurut Kusumo, figur Rektor UNS memiliki andil penting dalam menyiapkan kaderisasi mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan. Sebab saat ini UNS masuk dalam jajaran kampus terbaik, merujuk The Asia University Rangkings 2022.

“Rektor terpilih UNS harus menjadi pelopor dalam membentengi kampus dari pengaruh radikalisme dan intoleransi, dengan menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan,” kata Kusumo, Rabu (26/10/2022).

Kusumo berharap, pemilihan calon Rektor UNS berlangsung secara jujur, adil, dan demokratis, sesuai Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 19 Tahun 2017, dan Nomor 21 Tahun 2018.

“Dengan pemilihan Rektor yang jujur, adil dan demokratis diharapkan melahirkan pemimpin yang tepat bagi UNS. Sosok pemimpin yang merepresentasikan UNS sesuai visi dan misinya,” sambung Kusumo.

Tak hanya itu, Kusumo juga mengapresiasi satu satunya calon Rektor wanita yaitu Prof. Dr. I Gusti Ketut Ayu Ketut Rachmi Handayani. Kusumo memenambahkan bahwa UNS telah menunjukkan emansipasi wanita sekaligus memberi peluang bagi wanita dalam memiliki hak yang sama. (jen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *