Datang Kunjungi RM. Ayam Goreng Kartini Rasakan Sensasi “Selera Priyayi Tempo Doeloe” Yang Luar Biasa

oleh -2104 Dilihat
banner 468x60

SINDOSOLO.NEWS | SURAKARTA, Ayam Goreng Kartini berada di lokasi yang strategis di Jalan Bhayangkara, No.47, Panularan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tempat dan parkirannya luas, Model bangunannya perpaduan Joglo jawa klasik dan rumah modern yang ditata rapi dengan ornament dan hiasan unik serta penerangan yang terang-benderang. Berkesan klasik dan artistik. Mengusung tema “Selera Priyayi Tempo Doeloe” tagline mottonya.

Berkesempatan singgah di Ayam Goreng Kartini, Selasa (09/07/2024). Dan disambut baik oleh owner Ayam Goreng Kartini Tara Gading beserta suami Furkhon dan keluarga didampingi Manager Marketing Ayam Goreng Kartini Bono Poerbo. Kita berbincang dan bercerita tentang Ayam Goreng Kartini Selera Priyayi Tempo Doeloe.

Tara Gading Owner RM Ayam Goreng Kartini resto saat diwawancarai khusus didampingi suami Furkhon menjelaskan, bahwa RM Ayam Goreng Kartini ini adalah pengembangan usaha dari RM. Kadipolo dan RM Dapur Solo.
“Jadi merupakan usaha turun temurun begitu.” jelas Tara Gading.
Lebih lanjut ia menjelaskan cuma di ayam goreng kartini ini berbeda konsep dibanding Bakso Kadipolo dan Dapur Solo. Tara Gading memaparkan,
“Yang membedakan konsepnya kalau di Dapur Solo dan Bakso Kadipolo itu konsepnya lebih ke restoran prasmanan, kalau disini itu dihidangkan gitu seperti itu.” paparnya.

“Untuk target marketnya Dapur Solo dan Bakso Kadipolo kebanyakan family ya, kalau disini sebenarnya juga family tapi juga pingin menggaet anak mudanya seperti itu.” ungkapnya.

Tara Gading Owner RM Ayam Goreng Kartini “Selera Priyayi Tempo Doeloe”. (sindosolo.news/photo:Obie/r.)

Disinggung perbedaannya Ayam Goreng Kartini dengan Ayam Goreng lainnya, Tara Gading menjawab.
“Ayam Goreng kita berbeda seperti itu ya, di prosesnya direndam dan diungkep dengan air kelapa muda menjadikan ayam goreng tersebut menjadi gurih dan kaya akan rempah.” jelasnya.

“Kita pake ayam joper atau ayam kampung yang mudah kita dapatkan di pasar tradisional. Selain menu ayam goreng ada banyak menunya di sini, sea food juga seperti gurame, cumi, udang bahkan kita juga ada menu Sapi Lada Hitam.”
Tidak lupa ia mengingatkan, “Dan terus jangan lupa juga camilan camilan kita disini juga harus banget dicoba, kaya ada singkong, gethuk goreng, mendoan, itu best seller itu. Oh ya ada kroketnya juga yang banyak digemari oleh kustomer kustomer kita.” imbuhnya.

“Disini juga ada Sup Patin juga sayur asem khas Betawi. Untuk harga sangat terjangkau untuk semua kalangan jadi jangan takut untuk masuk kesini. Kami juga sangat berterima kasih atas semua supportnya sehingga Ayam Goreng Kartini sendiri sampai terkenal ke kalangan pejabat, artis artis besar tanah air, seperti Bu Selvi Ananda yang menjadi Loyal Kustomer kami ada juga Jessica Mila.”

Untuk rahasia sukses RM Ayam Goreng Kartini Tara Gading membagi kiat-kiatnya,
“Kiat kiatnya pokoknya pelayanan nomor satu selain rasa masakannya memang harus konsisten dan istiqomah jadi mereka akan datang lagi datang lagi, dan jangan sampai pelanggan itu kecewa.” tegasnya.

“Kita punya tag linenya “Selera Priyayi Tempo Doeloe” itu akan kalian buktikan sensasinya saat menu disajikan. Nanti akan terlihat seperti apa selera priyayi tempo doeloe itu.

Sebelum menutup perbincangan Tara Gading menyampaikan harapannya,
“Kita pinginnya survive dan orang seluruh Indonesia itu tahu Ayam Goreng Kartini, InshaAllah..,” pungkasnya.

Menu menu Istimewa RM Ayam Goreng Kartini Luar Biasa “Selera Priyayi Tempo Doeloe”. (sindosolo.news/photo:Obie/r.)

Saat menu disajikan dan kami diberi kesempatan untuk mencicipi rasa menu menu istimewa Ayam Goreng Kartini baru kami mengakui sungguh hebat luar biasa Selera Priyayi Tempo Doeloe. Wah seperti ini to..?!, yang disebut “priyayi” itu, Hidangan dalam nampan besar, dengan bakul nasi yang unik terbuat dari daun lontar atau kelapa yang kaku, tengahnya diberi lapisan daun pisang. Nasi mengepul cantik di atas wadah bakul unik, ayam goreng yang golden brown sempurna, tahu goreng, Lalapannya satu set tauge, daun kenikir, dan trancaman sedap dari parutan kelapa dan gula jawa, satu set rebusan daun pepaya, kol putih, timun, dan kemangi. Ditambah sambal bawang yang pedas mandraguna. Sungguh Hebat penyajian Ayam Goreng Kartini selera priyayi.

Daging ayamnya empuk digoreng sempurna. Kondisi daging ayam yang lembut karena kelembaban yang pas dan aroma bumbu ungkep yang meruap sedap melengkapi rasa dagingnya yang sudah enak. Tahu gorengnya pun berkualitas bagus, tidak bau, tidak asam, teksturnya lembut dicocol sambal bawang yang pedas, “Wow !!!” sungguh Mantap Sedap rasanya.

Lalapannya benar-benar Mak Nyus !!!, pas benar pairing perpaduannya. Trancam yang rasanya pedas-gurih-manis, dipadu dengan aroma bumbu parutan kelapa. Cocok dengan tauge dan kenikir. Aroma dan tekstur kenikir yang khas, berpadu dengan tekstur tauge yang renyah, membuat rasanya menyatu dengan gurih-manisnya trancam yang sedikit pedas. Masih ditambah rebusan daun pepaya sambal kecap, dan aroma kemangi, memberikan nilai lebih pada daun pepaya rebus yang berserat dan pahit pahit sedap, Wuaduh Biyung !!!, Enak banget, saat disantap dengan nasi panas. Luar biasa yang telah membuat perpaduan racikan pairing sayuran antara kenikir, trancam, kemangi dan daun pepaya.

Recommended !!!, karena tempatnya bagus, hidangannya sedap, dan paduannya mantap. Tak salah tagline “Selera Priyayi Tempo Doeloe” memang sungguh berkesan selera Priyayi itu.

Jika menyempatkan diri singgah berkunjung di kota Solo. Luangkan kesempatan mampir di Ayam Goreng Kartini, Jln. Bhayangkara no 47. Panularan, Laweyan, Solo. Rasakan sensasi dan nuansa priyayi yang membuat anda berkesan dan terkesan dengan Ayam Goreng Kartini dan kota Solo. (Obie/r.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *