Luluk Nur Hamidah Hadiri Pencanangan Tanam VUB Padi di Kabupaten Karanganyar

oleh -859 Dilihat
oleh
banner 468x60

Karanganyar-Pencanangan tanam Varietas Unggul Baru (VUB) padi potensi hasil tinggi dilaksanakan di Desa Kragan,Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar, Senin (26/04/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Anggota DPRRI Komisi IV dari Fraksi PKB Luluk Nur Hamidah, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan Karanganyar Siti Maesaroh, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Semarang Joko Pramono,Camat Gondangrejo Rusmanto dan Kades Kragan Widodo.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan Karanganyar menyampaikan ucapan selamat datang dan ucapan terima kasih atas perhatian Luluk Nur Hamidah di Kabupaten Karanganyar khususnya di sektor pertanian.

Kepala BPTP Joko Pramono menuturkan bahwa kegiatan percontohan Denfarm tersebut dengan lahan 10 hektar disupport langsung dari BPTP mulai dari mesin transplanter, benih, penanaman sampai panen.

“Kami akan dampingi penuh petani sampai hasilnya meningkat. Kedepan BPTP akan mensupport pendukungnya seperti UPPO yang endingnya pertanian ramah lingkungan,” katanya.

Legislator yang akrab disapa Mbak Luluk tersebut dikenal sangat gigih dalam memperjuangkan nasib petani.

Mbak Luluk menjelaskan perlindungan petani dan upaya peningkatan produksi pertanian dilakukan berbagai upaya, salah satunya menanam padi varietas terbaik, VUB ini salah satunya yaitu Inpari 43.

“Kita akan terus berupaya mencari terobosan agar petani kita sejahtera, ” ungkapnya.

“Usia padi varietas ini lebih pendek yakni 111 hari setelah semai dan hasilnya bisa mencapai 9 ton per hektar,” sambungnya.

Mbak Luluk sangat mendukung program dari BPTP tersebut, program tanam itu merupakan bentuk perhatian dan dukungan pemerintah kepada petani.

“Tanam Denfarm VUB padi khusus dan spesifik lokasi dengan jenis benih Inpari 43 akan meningkatkan hasil produksi pertanian. Varietas ini bisa meningkatkan produksi, asal petani mematuhi petunjuk dari BPTP. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan berbagai varian baru, BPTP ini seharusnya didukung dengan anggaran yang memadai,” tegasnya.

Dalam acara tersebut juga diserahkan bantuan bibit DOC ayam bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) dari Luluk Nur Hamidah.

penyerahan bibit doc ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *