SEMARAK DAN MERIAH SUASANA PERHELATAN ACARA PEMBUKAAN GREBEG PENJALIN V DESA TRANGSAN 2022.

oleh -1033 Dilihat
banner 468x60

SUKOHARJO, SINDOSOLO.NEWS – Hinggar Bingar Penyelenggaraan event Tradisi Grebeg Penjalin Tahun ini disambut Antusias oleh Warga Masyarakat itu ditandai dengan Pengunjung yang datang pada acara kali ini meningkat tumpek bleg memadati Halaman Balai Desa Trangsan pada Kamis, 27/10/2022 untuk mengikuti Proses Tradisi Grebeg V Penjalin dari awal hingga acara usai.

Tampak Hadir dalam Acara ini, Bupati Sukohajo Hj. Etik Suryani, SE, MM. Camat Gatak Tri Wahyudi, SH., MM, Kepala Desa Trangsan Mujiman, Pembina Partai PDIP Gatak Soni, TNI dan Polri serta Beberapa Komunitas dan Organisasi Masyarakat yang berpartisipasi untuk ikut meramaikan dan mensupport acara Grebek Penjalin ini.

Sebelum acara Grebeg Penjalin V dibuka dan diresmikan ada bererapa agenda acara yang terlebih dulu ditampilkan yaitu Karnaval kirab tradisi Grebeg Penjalin, Show Atraksi Budaya dan Show Hasil Kerajinan Karya kreativitas ketrampilan Masyarakat desa Trangsan yang setiap RT menampilkan Hasil karya yang berbeda. Ada Gazebo Rotan, Konde penjalin, Burung Garuda Rotan, Kapal Pinisi Rotan, Kuda Rotan, Lampion Rotan, Gunungan Rotan dll, yang semuanya hasil karya terbuat dari bahan Rotan. Dan ditampilkan pula Show Seni Budaya Reog Ponorgo, Tari Buto Gedruk, dan Pakaian Adat Daerah.

Semangat dan Antusias Luar Biasa Pengunjung Menggeliat dan Memanas suasana menjadi Riuh ketika pada puncak acara perebutan Gunungan Rotan. Mereka berebut mengambil barang barang dan peralatan yang terbuat dari bahan Rotan yang disusun menjadi Gunungan Rotan.

Photo : Bupati Sukaharjo Hj. Etik Suryani, SE., MM. Dalam acara Pembukaan Grebeg Penjalin V Desa Trangsan 2022./sindosolo.news.

Dalam wawancara khusus kepada Media, Bupati Sukaharjo Hj. Etik Suryani, SE., MM. Menjelaskan :

“Hari ini saya dan jajaran Forkopimda menghadiri acara pembukaan “Grebeg Penjalin” Desa Trangsan Kecamatan Gatak. Dan dimana pada tahun kemarin karena Covid-19 tidak ada kegiatan seperti ini hari ini luar biasa antusias Masyarakat mengikuti Karnaval Grebeg Penjalin harapan kami mudah mudahan dengan adanya Grebeg penjalin ini tidak hanya untuk menampilkan tetapi ada interaksi antara produksi dengan pembeli jadi nanti mudah-mudahan harapan kami kedepan Desa Trangsan ini bisa mengangkat apa yang menjadi potensi daerah dan menambah redevisa Sukoharjo dan InshaAllah menjadi Desa Wisata yang menarik para investor dari Kabupaten dan Kota lain untuk bisa datang dan memesan atau pun menjadikan Desa Trangsan ini menjadi daerah Luar Biasa untuk Produksi Rotannya.”

Untuk selanjutnya, sebelum menutup wawancara Bupati Sukoharjo juga menambahkan penjelasan mengenai rencana pengukuhan Desa Trangsan menjadi Desa Devisa, :
“Sangat-sangat mendukung dan merespon sekali dan mudah-mudahan bisa terealisasi sehingga bisa mengangkat Masyarakat Desa Trangsan dan Kesejahteraan Masyarakat Desa Trangsan dengan Potensi Rotannya” tutupnya.

Kemudian Bupati meninjau langsung lokasi Bazar Produksi Rotan, dan menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dan berswaphoto dengan beberapa penjual yang ada di stand Bazar Produksi Grebeg Penjalin Desa Trangsan V 2022. /OG.ss.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *